Plak Gigi (Karang)

Plak Gigi (Karang) – Plak adalah lapisan pada gigi yang kasat mata sehingga banyak orang tidak menyadari apabila terdapat plak pada gigi. Plak juga nama lain dari karang gigi, atau awal mula terbentuknya karang gigi berasal dari adanya plak gigi. Plak gigi akan mengeras apabila tidak dibersihkan sehingga menjadi karang gigi. Plak gigi di miliki oleh siapa pun yang memiliki gigi, sebab plak terbentuk dari bakteri dan juga protein dari sisa makanan. Karena itu setiap setelah makan, maka akan plak gigi yang menempel pada gigi.

Untuk awal terbentuknya plak gigi setelah makan memang tidak terlihat dengan mudah seperti yang disebutkan sebelumnya, tetapi apabila plak gigi sudah lama seperti seharian maka akan terlihat juga. karena plak gigi yang di diamkan lama akan mengeras perlahan lahan lalu melekat pada gigi. Adanya plak gigi tidak baik untuk kesehatan mulut, sebab plak akan memicu infeksi pada gigi dan bagian mulut lainnya semakin besar kemungkinannya.

Penyebab Plak Gigi (Karang)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bawah plak gigi (Karang) terbentuk dari kotoran sisa makanan yang protein yang bercampur dengan bakteri, lalu menempel pada lapisan gigi paling depan. Pemicu terbentuknya plak gigi (Karang) terbesar dari makanan yang mengandung karkobohidrat, mengandung gula atau makanan terlalu manis seperti permen, kue/cake, atau pun dari susu yang di minum dan bercampur dengan makanan. Sisa makanan yang tersisa pada cela gigi akan memicu bakteri menginfeksi dengan mengeluarkan asam pada mulut, sehingga terbentuknya plak gigi.

karang

Plak gigi (Karang) memang terbentuk dari sisa makanan dan juga bakteri, tetapi hal tersebut tidak akan terjadi apabila dibersihkan dengan baik. karena plak gigi umumnya terbentuk setelah beberapa saat makan, sekitar 15 sampai 30 menit. Jadi apabila tidak dibersihkan, maka akan membentuk plak dan melapisi permukaan gigi. Maka dari itu tidak hanya dari faktor makanan saja, tetapi plak gigi (Karang)  juga dapat di picu oleh kebersihan mulut dan gigi yang tidak dilakukan dengan maksimal oleh penderitanya.

Dampak Dari Plak Gigi (Karang)  

Plak gigi (Karang) sebenarnya masih mudah untuk dibersihkan, dengan sikat gigi dan berkumur saja bisa membantu menghilangkan plak gigi. Namun, karena malas membersihkan gigi, sehingga plak akan semakin mengeras dan juga semakin sulit dibersihkan. Sebaiknya tidak menganggap remeh adanya plak gigi, karena ada dampak buruk dari adanya plak gigi. Dibawah ini beberapa dampak yang bisa dirasakan karena adanya plak gigi :

  • Gigi berlubang atau membusuk, jika tidak diobati kerusakan dapat menyebar hingga pulpa (lapisan akar) di tengah gigi dan menyebabkan sakit gigi serta abses.
  • Kalkulus (tartar), lapisan plak yang mengeras seperti semen yang tidak dapat dihilangkan dengan sikat gigi.
  • Gingivitis, peradangan pada gusi yang membuat gusi menjadi merah, bengkak, dan terasa
  • Periodontitis, infeksi pada gusi yang menyebar dan menyebabkan kerusakan tulang gigi di sekitar rahang. Periodontitis terjadi jika gingivitis memburuk. Periodontitis mengakibatkan terbentuknya celah antara gigi dan gusi. Jika tidak diobati, gigi perlahan-lahan akan melepaskan diri dari gusi dan akhirnya copot.

Mengatasi Plak Gigi (Karang)

Karena ada banyak dampak buruk bagi mulut dan bagian di dalamnya karena plak gigi, maka sebelum terjadi ada baiknya segera mengatasi plak gigi (Karang) sehingga kesehatan mulut terjaga dengan baik. untuk mengatasi plak gigi sangat lah mudah, seperti dibawah ini :

  • Membersihkan mulut dan gigi merupakan cara mengatasi plak gigi (Karang) yang paling mudah untuk dilakukan. bersihkan gigi dengan sikat gigi seperti pada umumnya, sikat gigi dengan juga harus ada tekniknya sehingga semua kotoran yang menempel akan hilang. Sikat gigi dengan cara memutar untuk menghilangkan plak gigi secara menyeluruh, dan semuanya di sikat secara merata, bahkan lidah pun juga di sikat. Sekarang ada banyak jenis sikat gigi yang dibagian belakangnya khusus untuk membersihkan lidah sehingga setelah sikat gigi juga bisa sikat lidah sehingga bakteri di dalam mulut tidak banyak dan plak gigi akan menghilang.
  • Sikat gigi saja tidak cukup untuk mengatasi plak gigi (Karang), bisa menambakannya dengan cara berkumur. Setelah sikat gigi bisa berkumur dengan cairan yang memang khusus untuk membersihkan mulut. berkumur akan membersihkan seluruh bagian mulut yang tidak terjangkau dengan sikat gigi, jadi sisa bakteri akan dibawa keluar mulut juga.
  • Mengatasi plak gigi (Karang) agar lebih maksimal dengan menggunakan benang atau dikenal juga dengan teknik flossing gigi. Ada benang khusus untuk membersihkan cela gigi yang terdapat sisa makanan. Jadi ketika membersihkan mulut ada tiga tahap, pertama sikat gigi, berkumur, dan juga dengan flossing. Lakukan cara ini maka akan plak gigi akan hilang dan gigi lebih bersih sehingga tidak ada masalah pada mulut termasuk bau mulut tidak sedap.

Disarankan juga untuk mencegah plak gigi dengan membersihkan gigi dengan rajin, minimal 2 kali dalam sehari, akan lebih baik jika 30 menit setelah makan sikat gigi sehingga pembentukan awal plak gigi akan langsung dibersihkan. Periksakan kesehatan gigi minimal 6 bulan sekali pun bisa dilakukan. (By:RM)

Plak Gigi (Karang)

Cara Beli Dr Dental Care Liquid

Dr Dental Care Liquid Obat Kumur Mencegah Sakit Gigi, Gigi Berlubang, Radang Gusi, Bau Mulut, dan lainnya

Harga Dr Dental Care Liquid

Harga Dr Dental Care Liquid Obat Plak Gigi

Harga Dr Dental Care Liquid 1 Botol isi 250ml = Rp.250.000,-

Cara Pemesanan Cepat Dr Dental Care Liquid:

SMS ke 0852-1617-3268 , tuliskan : Pesan Dr Dental Care Liquid, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap, Pembayaran Anda via Bank Apa


=====================================

>>> Dr Dental Care Liquid Obat Kumur Untuk Mencegah Sakit Gigi, Gigi Berlubang, Radang Gusi, Bau Mulut Dan lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Plak Gigi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.